Minggu, 06 Mei 2018

RINGKASAN MATERI IPS TAPEL 2017/2018

RINGKASAN MATERI IPS TAPEL 2017/2018

A. Sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

1. Peta dan komponennya Disajikan gambar peta kabupaten beserta komponennya, siswa dapat menghitung jarak antara dua kota kecamatan dengan menggunakan skala. Untuk menghitung jarak dalam peta digunakan skala peta. Skala adalah perbandingan antara jarak dalam peta dengan jarak sebenarnya. Skala angka yang dinyatakan dalam bentuk angka, missal 1:2.000.000. Artinya, jarak 1 cm pada peta menunjukan 2.000.000 cm atau 20 km jarak sebenarnya. Dalam menggunakan skala untuk menghitung jarak lurus dapat dilakukan dengan mudah. Pada sketsa peta yang berskala 1 : 1.000.000 dibawah, jarak antara kota A dengan kota B pada peta 3 cm. maka untuk mencari jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut adalah : Jarak sebenarnya = 3 cm x 1.000.000 = 3.000.000 cm = 30 km

2. Sumber daya alam dan kegiatan ekonomi Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam tertentu NO Nama Barang Manfaat 1 Asbes Bahan pembuat sumbu kompor 2 Batu Bara Bahan bakar, pewarna, dan pengawet kayu 3 Belerang Industri obat-obatan dan korek api 4 Batu Kapur Industri semen, bangunan, dan cat tradisional 5 Besi Industri mesin, jembatan, bangunan, dan alat rumah tangga 6 Bauksit Bahan baku alumunium, pesawat terbang dan alat-alat rumah tangga 7 Emas Bahan perhiasan bernilai tinggi 8 Gas Alam Bahan bakar 9 Minyak Bumi Bahan bakar (bensin,minyak tanah, solar, dsb) 10 Mangan Bahan besi baja 11 Nikel Bahan pelapis anti karat pada besi 12 Timah Peralatan rumah tangga 13 Tembaga Peralatan untuk bahan perunggu 46. Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga Siswa dapat menyebutkan tiga perilaku anggota masyarakat yang dapat menyebabkan bencana alam atau cara pencegahannya Perilaku yang dapat menyebabkan bencana alam 1. Membuang sampah ke sungai 2. Menebang hutan secara besar-besaran

3. Membangun pemukiman di daerah resapan air 4. Bantaran sungai dijadikan tempat tinggal 5. Melakukan penambangan tradisional Perilaku masyarakat yang dapat mencegah bencana alam 1. Melakukan penanaman kembali hutan yang gundul 2. Tidak membuang sampah di sungai 3. Tidak membuat rumah di bantaran sungai 4. Pelarangan penambangan bebatuan di daerah rawan longsor 3. Keragaman suku bangsa dan budaya Disajikan tabel adat atau kebiasaan masyarakat, siswa dapat menentukan asal adat atau kebiasaaan masyarakat dengan tepat. No Adat atau Kebiasaan Asal daerah 1 Pemotongan gigi Bali 2 Ngaben Bali 3 Upacara rambut gimbal Wonosobo 4 Upacara penerimaan anggota suku Asmat Suku Asmat/papua 5 Ruwatan Jawa 6 Kasodo Bromo 7 Wunja Toraja 8 Bajijak tanah Kalimantan 9 Pago-pago Batak/Sumatra Utama 10 Tedhak Siti Jateng/ Yogyakarta

4. Peninggalan Sejarah Setempat Siswa dapat memberikan contoh peninggalan sejarah atau cara menghargai peninggalan sejarah di lingkungan setempat • Prasasti adalah peninggalan sejarah dalam bentuk tulisan • Candi dibangun sebagai tempat untuk memuja para dewa • Arca adalah patung, ada yang terbuat dari batu juga yang terbuat dari perunggu • Benteng adalah bentuk bangunan yang sengaja dibuat untuk keamanan dan pertahanan waktu perang B. Mengenal sumber daya alam kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kab/kota dan provinsi

5. Sumber daya alam dan kegiatan ekonomi Disajikan tabel sumber daya alam, siswa dapat mengidentifikasi sumber daya alam tertentu Sumber daya alam adalah segala kekayaan alam yang terdapat di muka bumi. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui, adalah sumber daya alam yang jika habis dimanfaatkan dapat diperbaharui lagi • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, adalah sumber daya alam yang jika habis dimanfaatkan tidak dapat diperbaharui lagi

6. Koperasi Siswa dapat menjelaska jenis-jenis koperasi berdasarkan bidang usaha, anggota maupun barang yang dijual Koperasi adalah usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi didirikan dengan tujuan untuk memajukan dan menyejahterakan para anggotanya. Di Indonesia terdapat banyak jenis koperasi. Berdasarkan jenis usahannya koperasi dibedakan menjadi koperasi konsumsi, koperasi simpan pinjam, koperasi simpan pinjam, koperasi produksi, dan koperasi serba usaha Berdasarkan keanggotaannya, koperasi dibedakan menjadi koperasi Pegawai Negeri Sipil, koperasi pasar, koperasi unit desa, dan koperasi sekolah.

7. Perkembangan teknologi untuk produksi, komunikasi dan transportasi Siswa dapat menjelaskan salah satu kelebihan atau kekurangan penggunaan alat transportasi sederhana atau modern Keunggulan Alat Transportasi Masa Lalu Keunggulan Alat Transportasi Masa Kini Tidak menimbulkan polusi udara Dapat mengangkat lebih banyak penumpang Ramah lingkungan Jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu singkat Menghemat bahan bakar

8. Perkembangan teknologi untuk produksi, komunikasi dan transportasi Disajikan gambar salah satu teknologi produksi masa lalu dan masa kini, siswa dapat membandingkan kelebihan/kekurangannya Teknologi produksi pada masa kini sudah mengalami perkembangan dari masa lalu. Conyohnya, pada masa lalu, membajak sawah dilakukan dengan tenaga hewan atau manusia, sedangkan pada masa kini membajak sawah menggunakan mesin traktor. Keunggulan Produksi Masa Lalu Kekurangan Produksi Masa lalu Memanfaatkan hewan peliharaan Waktu yang dibutukan lebih lama Ramah lingkungan Menghemat bahan bakar Keunggulan Produksi Masa kini Kekurangan Produksi Masa Kini Waktu yang dibutuhkan lebih cepat Membutuhkan bahan bakar Manusia tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaganya

9. Permasalahan Sosial Siswa dapat menjelaskan cara mengatasi salah satu permasalahan sosial Masalah sosial merupakan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Masalah sosial dapat terjadi di masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan. Bias disebabkan oleh beberapa hal, yaitu keadaan geografis, sarana dan prasarana,dan sumber daya manusia. Adapun permasalahan sosial yang masih kita jumpai antara lain: Pengangguran------- Membuka lapangan pekerjaan Yatim piatu--------didirikan panti asuhan dan panti jompo Kependudukan-------- Transmigrasi Jumlah penduduk-------Program KB Di bidang pendidikan-------pemberian bantuan operasional sekolah BOS,PIP Masalah kemiskinan-------raskin, PKH Kesehatan------------pemberian askes, KIS kartu Indonesia Sehat C. Menghagai berbagai peninggalan dan tokoh

10. Kerajaan Hindu,budha, dan Islam di Indonesia Siswa dapat menentukan salah satu peninggalan sejarah yg bercorak hindu, budha, dan Islam • Peninggalan sejarah pada masa kerajaan Hindu di antaranya: Candi dieng, Prasasti Yupa, hari raya nyepi • Peninggalan sejarah pada masa kerajaan Budha di antaranya : Candi Borobudur, candi muara takus, candi mendut, candi kalasan, hari raya waisak. • Peninggalan sejarah pada masa kerajaan Islam di antaranya : Masjid Demak, hari raya Idul Fitri dan Adha

11. Kerajaan Hindu,budha, dan Islam di Indonesia Siswa dapat Menjelaskan kejayaan salah satu kerajaan di jawa atau sumatera yang merupakan pusat penyebaran agama buddha. • Kerajaan Sriwijaya, berdiri pada tahun 680 M atau pada abad ke-7. Pusat pemerintahannya mula-mula di muara takus kemudian pindah ke jambi, dan akhirnya di Palembang. Raja pertama adalah Jayanegara, kemudian diteruskan oleh Sri Indrawarman, kemudian diteruskan oleh Balaputradewa. Pada masa pemerintahan Balaputradewa Kerajaan Sriwijaya mengalami kejayaan karena mampu mempersatukan Malaka dan Jawa Barat. • Kerajaan Mataram, terletak di daerah Kedu, Jawa Tengah. Rajanya bernama Panangkaran Penganut agama Buddha, ia mendirikan candi kalasan untuk menyembah Dewi Tara. Setelah raja Panangkaran wafat diganti oleh Raja Samaratungga, pada masa ini agama Buddha berkembang luas di Jwa Tengah dan banyak didirikan candi seperti candi Borobudur dan candi Mendut.

12. Tokoh-tokoh Sejarah pada masa Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia Disajikan tabel nama raja dan kerajaannya, siswa dapat menentukan pasangan nama raja dan kerajaannya dengan tepat Kerajaan Nama Raja Kerajaan Kutai Kudungga->Aswawarman->Mulawarman Tarumanegara Purnawarman Kediri Jayabaya Singasari Ken Arok->Raja Kertanegara Majapahit Raden Wijaya->Hayam Wuruk Sriwijaya Jayanegara->Sri Indrawarman->Balaputadewa Mataram Panangkaran->Samaratungga Samudra Pasai Marah Silu->Sultan Muhammad->Sultan Ahmad->Sultan Zaenal Abidin Kesultanan Demak Raden Patah->Sultan Trenggono Kesultanan Banten Hasanudin->Maulana Yusuf->Maulana Muhammad->Abdul Mufakir->Sultan Agung Tirtayasa Kesultanan Ternate dan Tidore Sultan Zainal Abidin (Ternate) Sultan Nuku (Tidore)

13. Tokoh-tokoh Sejarah pada masa Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia Disajikan gambar tokoh-tokoh dari kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam siswa dapat menentukan tokoh dari kerajaan Hindu,Buddha, dan Islam • Tokoh kerajaan Hindu Purnawarman raja kerajaan Tarumanegara Patih Gajah Mad a Ken Arok • Tokoh kerajaan Budha Balaputradewa • Tokoh kerajaan Islam

14. Keanekaragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia serta pembagian waktu Disajikan gambar peta persebaran flora dan fauna di Indonesia, siswa dapat menunjukan tempat asal fauna tertentu 47. Keanekaragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia serta pembagian waktu Siswa dapat menjelaskan tiga keuntungan atau kerugian pembangunan kenampakan alam buatan (waduk,pelabuhan, kawasan Industri, perkebunan) bagi masyarakat setempat Keuntungan: 1. Masyarakat memperoleh manfaat langsung, seperti aliran irigasi, adanya listrik dari PLTA dan lain-lain 2. Mendapat lapangan pekerjaan, contohnya masyarakat dapat membuka usaha warung di sekitar kawasan industri. 3. Menambah pendapatan masyarakat. Adapun kerugian dari pembangunan kenampakan buatan adalah sebagai berikut. 1. Lingkungan alam menjadi terganggu. 2. Menimbulkan bencana. Misalnya pembangunan sungai yang tidak berjalan dengan baik justru mendatangkan banjir. 3. Menimbulkan perpindahan penduduk. Penduduk banyak melakukan urbanisasi (perpindahan dari desa ke kota) untuk mendapatkan pekerjaan sehingga penduduk desa berkurang.

15. Menghargai suku bangsa dan budaya di Indonesia Siswa dapat menjelaskan cara menghormati keragaman budaya di Indonesia • Menerima suku-suku bangsa lain dalam pergaulan sehari-hari • Menambah pengetahuan kita tentang suku-suku lain • Tidak mengolok-olok, mneghina, dan merendahkan suku-suku bangsa lain

16. Kegiatan Ekonomi Siswa dapat memberikan salah satu contoh kegiatan produksi, distribusi, atau konsumsi • Kegiatan produksi adalah segala usaha dan aktivitas untuk menciptakan dan menambah manfaat suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Orang atau perusahaan penghasil barang disebut produsen a. Makan, missal tahu,tempe, tape, selai, terasi, dll b. Minuman, missal sirup, teh, minuman ringan, dll c. Keperluan sehari-hari, missal obat-obatan, minyak rambut, sabun, dll • Kegiatan distribusi adalah upaya menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang menyalurkan disebut distributor. a. seoarang pedagan sate menjual langsung dagangannya kepada konsumen b. seorang pedagan besar membeli barang dalam jumlah banyak kemudian menjualnya lagi kepada pedagang lain. c. Seorang agen perusahaan menyalurkan produksinya ke perusaan lain. • Kegiatan Konsumsi adalah tindakan memakai barang hasil produksi. Orang yang menggunakan barang hasil produksi disebut konsumen. a. Menghabiskan makan b. Menggunakan pakaian c. Menggunakan kendaraan D. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan

17. Perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang Siswa dapat menjelaskan peranan Sumpah Pemuda dalam mempersatukan Indonesia, menyebutkan isi atau tokoh-tokoh yang berperan dalam Sumpah Pemuda. Pada tahun 1926 berdiri organisasi PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) pada tgl 30 April sampai 2 Mei 1926 PPPI mengadakan Kongres Pemuda I namun hasilnya belum menghasilkan kesepakatan. Namun pada tanggal 27-28 Oktober 1928 Mr.Mohammad Yamin dan M. Tabrani berhasil menyelenggarakan Kongres Pemuda II dan menghasilkan Sumpah Pemuda. Pada Kongres ini lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan. Sumaph Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia. Isi dari Sumaph Pemuda “Pertama: kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedua: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. Tokoh yang berperan dalam sumpah pemuda antara lain Soegondo Jojopoespito (ketua kongres pemuda II), Muhammad Yamin (sekretaris), Soenario Sastrowardoyo (penasehat), Wage Rudolf Soepratman, Djoko Marsaid (wakil ketua), Amir Syarifuddin (bendahara), Sarmidi Mangoensarkoro, Sie Kong Lion.

18. Masa persiapan kemerdekaan Siswa dapat menjelaskan usaha-usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Indonesia Pada bulan Mei 1945 dibentuklah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyoningrat. Sidang BPUPKI 29-1 Juni 1945 merumuskan dasar Negara. 22 Juni 1945 Panitia Sembilan menghasilkan Piagam Jakarta.BPUPKI dibubarkan dan diganti PPKI pada tgl 7 Agustus 1945.

19. Masa persiapan kemerdekaan Siswa dapat mengidentifikasi peranan salah satu dari beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia Pada 22 Juni 1945, BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Panitia Sembilan bertugas menampung saran dan pendapat para anggota mengenai dasar negara yang muncul selama sidang BPUPKI. Anggota Panitia Sembilan terdiri atas sembilan orang, yaitu: Ir. Soekarno, K.H. Wahid Hasyim, Drs. Moh. Hatta, H. Agus Salim, Mr. Ahmad Subarjo, Mr. A.A. Maramis, Mr. Moh. Yamin, Abikusno, Abdul Kahar Muzakir, Tjokrosujoso

20. Peristiwa sekitar proklamasi Disajikan riwayat singkat tentang tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi, siswa dapat menentukan tokoh yang di maksud. • Ir. Soekarno sebagai proklamator, menandatangani naskah proklamasi, perumus naskah proklamasi • Drs. Muhamad Hatta sebagai proklamator, perumus dan penandatanganan naskah proklamasi • Ahmad Subarjo sebagai perumus naskah proklamasi, wakil dari golongan tua • Fatmawati sebagai penjahit/pembuat bendera pusaka merah putih • Sayuti Melik sebagai pengetik naskah proklamasi • Sultan Syahrir sebagai pemberi informasi bahwa jepang menyerah kepada sekutu dan mendesak agar Ir Soekarno dan Muhammad Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan. • Sumud dan latif sebagai pengibar bendera • Laksamana Takesi Maeda sebagai orang yang menjamin keselamatan perencanaan proklamasi dan perumusan teks proklamasi di lakukan di rumahnya

21. Peristiwa sekitar proklamasi Siswa dapat menjelaskan peristiwa penting yang terjadi di sekitar proklamasi Tanggal 14 agustus 1945 Jepang menyerah kepada sekutu. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda untuk menemui Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta agar segera menyatakan kemerdekaan Indonesia. Karena situasi saat itu belum aman dari tentara jepang, maka Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta diamankan ke Rengasdengklok. Di Rengasdengklok disaksikan oleh para pemuda, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta merumuskan teks proklamasi. Kemudian teks proklamasi tersebut disempurnakan di Jakarta di rumah Laksamana Maeda pada tanggal 16 Agustus 1945, yang akhirnya pada pukul 10.00 tanggal 17 Agustus 1945, teks proklamasi kemerdekaan republic Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di jalan Pegangsaan Timur No.56 Jakarta

22. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Siswa dapat menjelaskan salah satu tokoh yang berperan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia • Bung Tomo pada Peristiwa 10 november 1945 di Surabaya • Letkol Isdiman, gugur di pertempuran • Kolonel Sudirman, pemimpin pasukan Indonesia menggantikan Isdiman yang gugur, Brigadir Bethel, M Sarbini pada Pertempuran Ambarawa 21 November-15 Desember 1945 • Peristiwa Bandung Lautan api 24 Maret 1946 para tokoh Kolonel Abdul Haris Nasution (Komandan Divisi III ), Muhammad Toha dan Ramdan (anggota BRI), Atje Bastaman( memberikan istilah Bandung lautan api), Rukana (Komandan Polisi militer Bandung), Sutan Syahrir (memutuskan strategi bersama Kolonel Abdul Haris Nasution), Ismail Marzuki( pencipta lagu Halo-Halo Bandung). • Achmad Tahir dan para pemuda TKR (Tentara Keamanan Rakyat) pada Pertempuran medan area 10 Desember 1945 • Sutan Sjahrir pada Perundingan Linggarjati 10 November 1946 • Amir syarifudin, r. abdulkadir wijoyoatmojo pada Perjanjian Renville 25 Maret 1947

23. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Siswa dapat menjelaskan peristiwa pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda Untuk menengahi pertikaian antara Indonesia dan belanda, PBB membentuk komisi baru yang diberikan nama UNCI (United National Commision for Indonesia). Berkat peran UNCI Indonesia dan belanda mengadakan perundingan. Delegasi Indonesia di ketuai Mr. Moh Roem. Delegasi belanda diketuai Dr. Van Royen. Perundinga tersebut dinamakan perundingan Roem-Royen. Salah satu keputusan perundingan Roem-Royen adalah akan diadakannya konferensi Meja Bundar (KMB) Pada tanggal 23 Agustus 1949 di buka di Den Haag, Belanda. Delegasi RI dipimpin Drs. Moh Hatta. Delegasi BFO (organisasi yang terdiri dari pimpinan Negara-negara bagian yang ada di Indonesia) dipimpin oleh Sultan Hamid II dari Pontianak. Delegasi Belanda Mr. J.H. Van Marseveen, sedangkan PBB diwakili Chritclev Pada tanggal 2 November 1949 diadakan upacara penandatanganan naskah penyerahan kedaulatan. Upacara tersebut dilakukan pada waktu yang bersamaan di Indonesia dan Belanda. Dengan peristiwa tersebut secara resmi belanda mengakui kedaulatan bangsa Indonesia di seluruh bekas wilayah jajahannya. Di Den Haag naskah di tanda tangani oleh Drs. Mohammad Hatta (Indonesia) dan Ratu Juliana (Belanda) E. Memahamiperkembangan wlayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial Negara asia tenggara serta benua-benua 48. Perkembangan sistim administrasi wilayah Indonesia Siswa dapat menyebutkan tiga profinsi yang terbentuk pada awal kemerdekaan beserta gubernur pertamanya dengan tepat 1. Sumatra, Gubernur: Mr. Teuku Moh. Hasan 2. Kalimantan, Gubernur: Ir. Pangeran Moh. Noor 3. Sulawesi, Gubernur: Dr. G.S.S.J Ratulangi 4. Maluku, Gubernur: Mr. J. Laturharhary 5. Sunda Kecil, Gubernur: Mr. I. Gusti Kentut Pudja 6. Jawa Barat, Gubernur: Sutardjo Kartohadikusuma 7. Jawa Tengah, Gubernur: R. Panji Soeroso 8. Jawa Timur, Gubernur: R.A. Soerjo

24. Perkembangan sistim administrasi wilayah Indonesia Disajikan gambar peta Indonesia, siswa dapat menunjuk letak dan nama provinsi di Indonesia

25. Perkembangan sistim administrasi wilayah Indonesia Siswa dapat menjelaskan pembagian urusan pemerintahan dan penyelenggaraan pemerintah dalam sistem administrasi wilaya Indonesia (missal: pusat atau daerah) Pemerintahan pusat adalah penyelenggara pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni Presiden dengan dibantu seorang Wakil Presiden dan oleh menteri-menteri negara. Dengan kata lain, pemerintahan pusat adalah pemerintahan secara nasional yang berkedudukan di ibu kota Negara Republik Indonesia. Pemerintahan Daerah, Pengertian Pemerintah Daerah Bedasarkan UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), seperti yang dimaksud pada UUD 1945. Penyelenggara Pemerintahan Daerah: Walikota, Bupati, Gubernur dan perangkat daerah lainnya (kepala badan, kepala dinas, dan unit-unit kerja lannya yang dikendalikan oleh Sekretariat Daerah).

26. Perkembangan sistim administrasi wilayah Indonesia Disajikan peta wilayah laut territoria, siswa dapat menunjukan letak laut territorial.

27. Perkembangan sistim administrasi wilayah Indonesia Siswa dapat memberikan salah satu contoh sikap mencintai atau tidak mencintai Negara Kesatuan RI. Contoh sikap menghargai 1. Menjaga kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia 2. Menjaga persatuan dan kesatuan Bnagsa Indonesia 3. Memanfaatkan kekayaan budaya untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia 4. Menjaga Indonesia untuk warisan anak cucu nanti 5. Menjaga Indonesia untuk menghargai jasa para pahlawan 6. Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia 7. Menghormati perbedaan Contoh sikap tidak menghargai 8. Merusak peninggalan sejarah 9. Lebih suka dengan produk luar negeri 10. Tidak menghargai perbedaan 11. Lebih suka budaya luar

 28. Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga Disajikan gambar peta Asia Tenggara, siswa dapat menunjukan letak Negara dan nama Negara tetangga.

29. Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga Disajikan ilustrasi tentang kenampakan dan kekayaan alam Negara tetangga, siswa dapat menginterpretasikan kenampakan alam dengan keadaan politik, sosial Negara-negara tetangga. No Nama Negara Keadaan Sosial Keadaan Politik 1 Brunei Darusalam • Pengekspor minyak mentah, gas alam, dan produk minyak • Mengimpor produk-produk mesin, mobil, barang elektronik, beras, dan gula. • Negara kesultanan • Ibukota ialah Bandar Seri Begawan • Kepala Negara dan pemerintahanya ialah Sultan 2 Malaysia • Negara Kerajaan • Ibu kota ialah Kuala Lumpur • Pemerintahan Malaysia berbentuk monarki konstitusional • Kepala Negara Raja dan bergelar yang dipertuankan Agung, sedangkan kepala pemerintahannya ialah perdana menteri

30. Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga Disajikan tabel tentang keadaan sosial Negara-negara asia tenggara, siswa dapat menentukan dua atau tiga Negara dengan keadaan sosial budaya, bentuk pemerintahan atau tingkat perkembangan ekonomi yang sama. no Nama Negara Bentuk Pemerintahan Keadaan Sosial Perkembangan Ekonomi 1 Filipina Republik Penduduk bermata pencaharian petani, yang menghasilkan kelapa, nanas, tembakau, dan gula Tingkat perekonomian Negara Filipina cukup bagus 2 Singapura Republik Penduduk bermata pencaharian perdagangan dan perindustrian yang menghasilkan mesin dan alat ytranportasi, barang-barang konsumsi, bahan kimia dan produk olahan minyak Tingkat perekonomian Negara Singapura sangat pesat

31. Identifikasi benua-benua/ mengenal benua-benua Disajikan peta dunia, siswa dapat menunjukan nama, letak benua dan batas-batasnya. 1. Perbatasan Benua Asia : Batas Sebelah Utara : Samudera arktik Batas Sebelah Barat : Pegunungan ural dan laut merah Batas Sebelah Selatan : Samudera hindia Batas Sebelah Timur : Samudera pasifik 2. Perbatasan Benua Eropa : Batas Sebelah Utara : Samudra arktik Batas Sebelah Barat : Samudera atlantik Batas Sebelah Selatan : Laut tengah dan laut hitam Batas Sebelah Timur : Laut kaspia dan pegunungan 3. Perbatasan Benua Amerik: Batas Sebelah Utara : Samudra arktik Batas Sebelah Barat : Samudera pacific Batas Sebelah Selatan : Samudera atlantik Batas Sebelah Timur : Samudera atlantik 4. Perbatasan Benua Afrika : Batas Sebelah Utara : Selat gibraltar Batas Sebelah Barat : Samudera atlantik Batas Sebelah Selatan : Samudera hindia Batas Sebelah Timur : Laut merah dan terusan suez 5. Perbatasan Benua Australia : Batas Sebelah Utara : Laut arafuru Batas Sebelah Barat : Samudera hindia Batas Sebelah Selatan : atartika / kutub selatan Batas Sebelah Timur : Samudera pasific 6. Perbatasan Benua Antartika alias kutub selatan Daftar Nama Kutub (Pole) Yang Ada Di Dunia : 1. Kutub Utara / North Pole yang berada di ujung utara planet bumi 2. Kutub Selatan / South Pole yang berada di ujung selatan planet bumi

32. Identifikasi benua-benua/ mengenal benua-benua Siswa dapat menyebutkan salah satu Negara di Asia yang memicu keamanan dan ketegangan dunia • Korut (Korea Utara) • Cina • Jepang

33. Identifikasi benua-benua/ mengenal benua-benua Disajikan tabel ciri-ciri utama kenampakan alam beserta Negara asal di dunia, siswa dapat menentukan ciri utama dan Negara asal di dunia dengan tepat No Nama Negara Kenampakan Alam 1 Arab Gurun An nafud dan al khali 2 India Pegunungan Himalaya 3 Venezuela Air terjun Angel 4 Mesir Sungai Nil 5 Afrika Sungai Viktoria 6 Nepal/cina Puncak Everst 7 Amerika Selatan Sungai Amazon 8 Pakistan Puncak God win Austen

34. Identifikasi benua-benua/ mengenal benua-benua Siswa dapat mengidentifikasi perkembangan suatu Negara pada suatu benua F. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya 49. Gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga Siswa dapat menyebutkan tiga tanda bencana alam tertentu • Tsunami : laut tiba-tiba menyusut Karena surutnya laut maka akan tercium bau khas laut seperti bau amis Adanya suara gemuruh dilaut, karena adanya pergeseran lapisan tanah Burung-burung laut berterbangan dengan kecepatan tinggi menuju ke daratan • Tanah Longsor: 1. keretakan pada tanah yang berbentuk konsantis (terpusat) seperti lingkaran atau pararel dan lebarnya beberapa Cm dan panjangnya beberapa M 2. penampakan runtuhnya bagian-bagian tanah dalam jumlah besar 3. kejadian longsor disatu tempat menjadi pertanda kawasan tanah longsor lebih luas lagi • gempa bumi: 1. adanya awan yang berbentuk aneh seperti batang yang berdiri secara lurus keatas 2. terdapat medan elektromagnetik disekitar kita 3. perilaku hewan-hewan menjadi aneh dan gelisah • gunung berapi: 1. naiknya suhu air kawah 2. perubahan komposisi kimiawi air dan gas kawah, gugurnya kubah lava 3. adanya lindu/gempa 4. udara terasa panas 5. banyak binatang yang meninggalkan hutan 6. tercium bau belerang 7. sumber mata air kekeringan

35. Gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga Disajikan tabel peristiwa alam, siswa dapat menentukan peristiwa alam yang dipengaruhi oleh alam atau aktivitas manusia No Dipengaruhi alam Dipengaruhi aktivitas manusia 1 Gunung meletus Banjir 2 Gempa bumi Tanah longsor 3 Tsunami Erosi tanah 4 Banjir Kekeringan 5 Angin Topan Kebakaran hutan 6 Tanah Longsor

36. Gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga Siswa dapat menjelaskan pengaruh peristiwa alam (misalnya: tsunami, gempa bumi, tanah longsor atau banjir) bagi manusia • Tsunami, pengaruh bagi manusia ialah bangunan-bangunan hanyut terbawa gelombang air laut, banyak korban, mata pencaharian penduduk hilang, segala aktifitas terhenti, harta benda manusia hilang • Gempa Bumi, pengaruh bagi manusia ialah bangunan dan fasilitas runtuh, memakan korban jiwa, harta benda hilang, segala aktivitas terhenti. • Longsor, pengaruh bagi manusia ialah bangunan tertimbun tanah, rumah penduduk rusak, memakan korban jiwa, segala aktivitas terhenti, harta benda juga ikut tertimbun tanah, timbul penyakit kulit. • Banjir, pengaruh bagi manusia ialah bangunan terendam air, aktivitas manusia terhalang, timbulnya penyakit kulit dan diare, timbulnya nyamuk aides.

 37. Gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga Disajikan tabel tentang bencana alam, siswa dapat menentukan bencana alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga no Bancana di Indonesia Bencana di Negara tetangga 1 Gunung meletus Gempa bumi 2 Gempa bumi Badai/topan 3 Tsunami Tanah longsor 4 Banjir Banjir 5 Angin topan 6 Tanah longsor

38. Gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga Siswa dapat menjelaskan cara mencegah jatuhnya korban yang lebih besar pada saat terjadi bencana alam Usaha yang dapat dilakukan agar jumlah korban tidak banyak adalah dengan usaha mitigasi. Mitigasi merupakan tahap awal penanggulangan bencana alam. Mitigasi adalah kegiatan sebelum bencana terjadi. Contoh kegiatannya antara lain membuat peta wilayah rawan bencana, pembuatan bangunan tahan gempa, penanaman pohon bakau, penghijauan hutan, serta memberikan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di wilayah rawan gempa, membuat jalur evakuasi.

39. Gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga Siswa dapat menjelaskan nama dan kegunaan salah satu alat pendeteksi bencana alam • Seismograf adalah alat untuk mendeteksi akan adanya gempa bumi G. Memahami peran Indonesia di era globalisasi

 40. Peran Indonesia di era globalisasi Siswa dapat menjelaskan latar belakang terjadinya globalisasi atau dampak dari globalisasi Globalisasi telah menandai dimulainya suatu era baru. Globalisasi merupakan suatu kondisi yang menjangkiti masyarakat secara global dimana batasan ruang dan waktu tidak lagi menjadi penghalang. Globalisasi yang terjadi telah banyak mempengaruhi serta merubah cara hidup manusia, hal ini disebabkan karena Globalisasi didorong dengan perkembangan teknologi yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan era sebelumnya. Modernisasi telah melatarbelakangi terjadinya Globalisasi dan meningkatkan kualitas kehidupan setiap individu yang ada didalamnya. Dampak globalisasi, • Kini kita dengan mudahnya berhubungan dengan orang lain yang berada dibelahan bumi lain dan mendapatkan informasi dari mereka. • mendorong kemajuan suatu masyarakat di berbagai bidang diantaranya adalah kemajuan di bidang pendidikan, sosial budaya, ekonomi, dan politik serta membuka jalan bagi sebuah masyarakat untuk terhubung dengan masyarakat lainnya, dengan demikian tak ada lagi masyarakat yang terisolir dan mengalami krisis informasi • adapun dampak negative yang ditimbulkan oleh globalisasi ialah banyak remaja yang meniru pakaian dari barat, dan meniru gaya rambut dicat warna.

41. Peran Indonesia di era globalisasi Siswa dapat mengidentifikasi kelemahan atau keunggulan globalisasi Dampak positif dari globalisasi • Masyarakat semakin maju • Semangat kerja meningkat • Pertukaran budaya • Pasar semakin luas • Ruang sosial semakin terbuka Dampak negative dari globalisasi • Pakaian adat tidak dipakai lagi dalam kehidupan sehari-hari • Gaya hidup cenderung meniru gaya hidup bangsa lain yang kurang baik (gaya hidup mewah, konsumtif, boros, mementingkan diri sendiri, dan ingin berkuasa) • Masyarakat Indonesia lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji • Mgenerasi muda tidak lagi mengenal budaya asli daerah, seperti music tradisional, pertunjukan daerah, dll.

42. Peran Indonesia di era globalisasi Siswa dapat memberikan contoh peranan Indonesia pada era globalisasi atau sikap terhadap pengaruh globalisasi • Peranan Indonesia terhadap era Globalisasi 1. Bidang Ekonomi Meningkatkan perdagangan yang bebas sehingga dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat. Indonesia dapat banyak mengimpor barang dan Indonesia dituntut untuk lebih kreatif Produk dalam negeri dapat dipasarkan secara meluas di area perdagangan luar negeri. Untuk pembangunan bidang industri biasanya investasi perusahaan swasta memberikan atau menyediakan dana tambahan bagi yang memerlukan. 2. Bidang Sosial Pada bidang sosial globalisasi berperan dalam perubahan sikap, perkembangan ilmu, cara hidup, pola pikir yang baik. 3. Bidang Budaya Bidang budaya merupakan bidang yang paling mudah untuk mendapatkan dampak negatif dari suatu proses. Namun tak hanya dampak negatifnya, globalisasi memberikan dampak positif terhadap bidang budaya. Dengan adanya globalisasi, bangsa Indonesia dituntut untuk menjadi manusia lebih maju. Terjadinya akulturasi merupakan dampak positif pada bidang budaya, selain itu karya seni semakin tereksplor dan dapat dipasarkan ke berbagai negara di belahan dunia, dapat memperkaya pengetahun budaya dengan masuknya budaya asing ke Indonesia, dengan adanya globalisasi, informasi mengenai ragam budaya Indonesia dapat tersebar luas ke berbagai negara sehingga menyebabkan banyak wisatawan asing tertarik untuk mengujungi Indonesia. 4. Bidang Politik Semakin kuatnya supremasi hukum, peraturan perundang-undangan yang memihak kepada rakyat, dan juga tuntutan terhadap hak asasi manusia. dampak negative yang diberikan globalisasi bagi Indonesia. Diantaranya: Perdagangan bebas yang disebabkan oleh globalisasi mengakibatkan Negara berkembang tidak bisa menawarkan tarif yang tinggi untuk industri baru. 5. Bidang Pendidikan Banyaknya sekolah yang menggunakan bahasa inggris dalam proses pembelajaran. Dengan adanya globalisasi pada bidang pendidikan akan memberikan keterampilan yang luas. Keterampilan ini dapat menjadi bekal untuk generasi muda menghadapi arus globalisasi.

43. Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang dan jasa antara Indonesia dengan luar negeri Pertukaran barang: mengekspor minyak bumi,batu bara, kelapa sawit, makanan,dll Mengimpor : barang-barang elektonik, kendaraan,dsb. pertukaran jasa: seperti asisten rumah tangga yang dikirim keluar negri(tki), mengirim atau memanggil tenaga ahli dalam bidang tertentu

44. Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa Siswa dapat memberikan contoh jenis barang atau jasa yang diekspor atau diimpor oleh Indonesia Jenis barang yang di ekspor: kopi, karet, kelapa sawit, batu bara, tembaga, tambang, emas, bijih besi, gas bumi. Jenis barang yang di impor: pesawat, kapal, alat elektronik.

45. Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa Siswa dapat menjelaskan keunggulan/ kelemahan bangsa Indonesia dalam menghadapi perekonomian global Keunggulan dari Globalisasi.Meningkatkan penjualan dan keuntungan dengan memanfaatkan peluang pasar baru dan sedang tumbuh.- Meningkatkan ketersediaan bahan baku murah, Untuk meningkatkan daya saing (kualitas tinggi dari produk dan biaya rendah). Kelemahan dari Globalisasi. Interaksi dengan berbagai kompleks bangsa dengan beragam ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya. Komunikasi menjadi sulit karena perbedaan bahasa, geografi, perbedaan budaya dan sebagainya

50. Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa Siswa dapat menyebutkan 3 (misalnya: manfaat, peranan, pengaruh) adanya pertukaran barang dan jasa melalui kegiatan ekonomi antar bangsa bagi Indonesia. • Manfaat 1. Kebutuhan masyarakat Indonesia tercukupi 2. Meningkatkan ekonomi masyarakat Indonesia 3. Meningkatkan kreatifitas masyarakat Indonesia 4. Meningkatkan devisa Negara • Peranan 1. Ikut bergabung di ASEAN 2. Ikut bergabung di COFAT 3. Ikut bergabung di COTT 4. Bergabung di komite keuangan dan perbankan 5. Bergabung di OIME 6. Bergabung di MEE 7. Bergabung di Colombia pian 8. Bergabung di APEC 9. Bergabung di AFTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar