Kamis, 17 Oktober 2013

fantasi

FANTASI (KHAYALAN)
A.      Pengertian Fantasi.
 Fantasi ialah kemampuan jiwa untuk membentuk tanggapan-tanggapan atau bayangn-bayangan baru. Dengan kekuatan fantasi, manusia dapat melepaskan diri dari keadaan yang dihadapinya dan menjangkau ke depan,ke keadaan-keadaan yang akan datang. Fantasi dapat juga diartikan sebagai kemampuan subjek untuk berorientasi paa dunia imajiner.
B.      Macam-Macam Fantasi.
Fantasi sebagai kemampuan jiwa manusia dapat terjadi:
a.       Secara disadari.
Terjadi bila individu betul-betul menyadari akan fantasinya. Dalam fantasi ini ada usaha dari subyek untuk masuk ke dunia imajiner.
Misalnya seorang seniman yang mengahasilkan sebuah karya karena kemampuan fantasinya.
b.      Secara tidak disadari.
Yaitu apabila individu secara tidak sadar telah dituntun oleh fantasinya.
Keadaan semacam ini banyak terjadi pada anak-anak. Anak sering mengemukakan hal-hal yang bersifat fantastis,sekalipun tidak ada niat dari anak untuk berdusta.
Misalnya anak memberikan berita yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, dalam hal ini anak tidak ada maksud untuk berbohong tapi secara tak sadar ia dituntun oleh fantasinya sendiri.
Dilihat dari cara orang berfantasi, Fantasi dapat dibedakan menjadi:
a.       Fantasi yang mengabstraksi
Yaitu cara orang berfantasi dengan mengabstraksi beberapa bagian,sehingga ada bagian-bagian yang dihilangkan.
Misalnya anak yang belum pernah melihat gurun pasir,maka untuk menjelaskannya ia menggunakan apersepsi lapangan.Bahan apersepsi ini digunakan sebagai loncatan untuk menjelaskan tentang gurun pasir. Saat anak berfantasi tentang gurun pasir,banyak bagian lapangan yang diabstraksikan. Dalam berfantasi gurun pasir dibayangkan seperti lapangan tanpa pohon atau rumput serta tanahnya pasir.
b.      Fantasi yang mendeterminasi
Yaitu cara orang berfantasi dengan mendeterminasi terlebih dahulu.
Misalnya anak yang belum pernah melihat harimau. Ia cenderung akan menggunakan kucing sebagai bahan apersepsinya untuk menjelaskan tentang harimau. Dalam berfantasi harimau, ia membayangkan seperti kucing tetapi besar.
c.       Fantasi yang mengkombinasi
Yaitu cara orang berfantasi dimana orang mengkombinasikan pengertian atau  bayangan yang ada pada individu bersangkutan.
Misalnya berfantasi tentang ikan duyung, yaitu kepalanya seorang wanita sedangkan tubuhnya badan ikan. Jadi ada kombinasi antara kepala manusia dengan tubuh ikan.
Fantasi ini ,merupakan yang paling banyak diterapkan orang.
C.      Faktor yang mempengruhi fantasi
Menurut Dakir (1986,74) faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya fantasi adalah:
a.       Adanya waktu kosong.
b.      Tidak adanya kesibukan yang menentu.
c.       Adanya harapan atau cita-cita yang besar.
d.      Adanya berbagai kesulitan pemecahan masalah.
e.      Adanya berbagai macam kelemahn pribadi yang menyebabkan yang bersangkutan lari ke fantasi untuk membuat ego defence.
f.        Sedang dirundung asmara,dll.
D.      Mafaat Fantasi dalam Kehidupan
a.       Fantai merupakan sarana untuk memahami orang lain.
b.      Fantasi memungkinkan subyek melepaskan diri dari keterikatannya terhadap tempat dan waktu,sehingga hal ini memungkinkan bagi subyek untuk mempelajari ilmu bumi dan sejarah.
c.       Fantasi dapat membantu subyek untuk bercita-cita.
d.      Fantasi memungkinkan orang untuk melepaskan diri dari kesukaran yang dihadapi di alam nyata.
*      Test TAT >> test yang berujud gambar, dan testee disuruh bercerita tentang gambar itu.*      Test kemustahilan >> test berbentuk gambar atau cerita yang mustahil terjadi, dan testee disuruh mencari kemustahilannya itu.*      Heilbronner Wirsma Test >> test yang berujud seri gambar yang makin lama makin sempurna.*      Test Rorschach >> test berujud gambar dan testee disuruh menginterpretasikan gambar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar